Minggu, 23 Desember 2012

Definisi Komputer


Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.
Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna ([1]).
Berdasarkan kata-nya (computere; bahasa Latin), bisa diartikan sebagai menghitung atau penghitung. Berikut definisi komputer menurut beberapa ahli :.   ([2]) Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
o        menerima input
o        memproses input tadi sesuai dengan programnya
o        menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
o        menyediakan output dalam bentuk informasi
   Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
   ([3]) Sedangkan menurut Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Secara umum sebuah sistem komputer terbentuk dari tiga komponen utama, yaitu :
~   Hardware; perangkat keras komputer; komponen atau elemen komputer yang membentuk sebuah sistem komputer secara fisik.
~   Software; perangkat lunak komputer; baris-baris instruksi atau program yang mengatur /mengendalikan operasi dalam komputer.
~   Brainware; manusia; pengendali sistem komputer, operator komputer.
Komputer modern merupakan sistem yang kompleks. Secara fisik, komputer tersebut terdiri dari beberapa bagian seperti prosesor, memori, disk, pencetak (printer), serta perangkat lainnya. Perangkat keras tersebut digunakan untuk menjalankan berbagai perangkat lunak aplikasi (software aplication). Sebuah sistem operasi merupakan perangkat lunak penghubung antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak aplikasi tersebut di atas ([4]). Fungsi sistem operasi seperti :
~  penyusunan rekord data,
~   organisasi dan penyimpanan file,
~   menerjemahkan bahasa-bahasa komputer ke dalam bahasa mesin,
   menjadwalkan pekerjaan sebuah sistem komputer 


Sumber: http://indiragirs.blogspot.com/2010/12/makalah-pengenalan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar